Strategi Manajemen Pendidikan untuk Meningkatkan Kualitas Pondok Pesantren Darul Ulum Jambi

Main Article Content

Maulana
Rafik Darmansyah
Jasmanto

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis manajemen pendidikan di Pondok Pesantren Darul Ulum Jambi dalam meningkatkan kualitas lembaga melalui lima aspek utama: kurikulum, sumber daya manusia, sarana prasarana, keuangan, dan kepemimpinan. Metode yang digunakan adalah studi kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi langsung, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen kurikulum di pesantren ini mengintegrasikan sistem formal dan diniyah secara seimbang. Pengelolaan SDM berbasis profesionalisme dan nilai pengabdian, sementara sarana dan prasarana dikelola secara fungsional dan edukatif. Manajemen keuangan dilaksanakan secara transparan dan partisipatif, sedangkan kepemimpinan dijalankan melalui keteladanan dan sistem musyawarah. Temuan ini memperkuat bahwa pesantren dapat mengelola pendidikan secara adaptif dan berorientasi pada kualitas meski dalam keterbatasan. Model yang diterapkan di Darul Ulum dapat menjadi rujukan pengembangan manajemen pesantren di Indonesia.

Article Details

Section
Articles