https://jurnal.iaima.ac.id/ulinnuha/issue/feedJurnal Manajemen dan Pendidikan2025-11-10T07:42:35+00:00Open Journal Systemshttps://jurnal.iaima.ac.id/ulinnuha/article/view/137Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Islam2025-11-06T16:41:41+00:00Maulanamaulana@gmail.comNadiyahnadiyah@gmail.comTaufik Hady Syaputrataufik@gmail.com<p>Artikel ini bertujuan untuk mengkaji implementasi manajemen berbasis sekolah (MBS) dalam meningkatkan mutu pendidikan Islam melalui studi kepustakaan. MBS merupakan paradigma baru dalam penyelenggaraan pendidikan yang menekankan desentralisasi kewenangan, partisipasi masyarakat, dan kemandirian lembaga pendidikan. Dalam konteks pendidikan Islam, MBS menjadi instrumen strategis untuk memperkuat tata kelola madrasah dan sekolah Islam agar lebih efektif dan akuntabel. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi pustaka terhadap berbagai sumber literatur seperti buku, jurnal, dan peraturan perundang-undangan yang relevan. Hasil kajian menunjukkan bahwa implementasi MBS dalam lembaga pendidikan Islam mampu meningkatkan mutu pendidikan melalui optimalisasi peran kepala sekolah, guru, komite sekolah, dan masyarakat dalam pengambilan keputusan, pengelolaan sumber daya, dan evaluasi kinerja. Artikel ini menegaskan pentingnya memperkuat dimensi spiritual, moral, dan sosial dalam penerapan MBS agar peningkatan mutu pendidikan Islam tidak hanya bersifat administratif tetapi juga berlandaskan nilai-nilai Islami.</p>2024-12-31T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 Jurnal Manajemen dan Pendidikanhttps://jurnal.iaima.ac.id/ulinnuha/article/view/138Meningkatkan Kualitas Pendidikan melalui Kolaborasi Komunitas Belajar: Sebuah Penelitian di SMP N 1 Kabupaten Tebo2025-11-07T08:29:28+00:00KaharuddinKaharuddin906@gmail.comZulfajrizulfajri@gmail.comVebrian Gymnastiarvebrian@gmail.com<p>Kualitas pendidikan di Indonesia masih menghadapi tantangan dalam pemerataan mutu, khususnya di wilayah semi-perdesaan. Salah satu strategi yang dinilai efektif untuk meningkatkan mutu pendidikan adalah pengembangan komunitas belajar (<em>learning community</em>) yang melibatkan guru, siswa, dan masyarakat dalam ekosistem pembelajaran kolaboratif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk implementasi, dinamika kolaborasi, serta dampak komunitas belajar terhadap peningkatan mutu pendidikan di SMP Negeri 1 Kabupaten Tebo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif partisipatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam, dan analisis dokumentasi. Data dianalisis secara tematik untuk menemukan pola kolaborasi, peran teknologi, dan bentuk refleksi yang muncul di lingkungan sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunitas belajar di SMP Negeri 1 Kabupaten Tebo berkembang secara organik melalui kegiatan seperti <em>Kelompok Belajar Guru (KBG)</em>, <em>Kelas Inspiratif</em>, dan <em>Forum Diskusi Sekolah</em>. Kolaborasi antara guru, siswa, dan masyarakat berjalan dinamis melalui program berbasis proyek dan pembelajaran kontekstual. Integrasi teknologi melalui <em>Google Classroom</em> dan <em>WhatsApp Group</em> turut memperluas ruang refleksi serta meningkatkan partisipasi masyarakat dalam kegiatan belajar. Dampak utama penerapan komunitas belajar meliputi peningkatan kompetensi pedagogik guru, kemandirian belajar siswa, dan terbentuknya budaya kolaboratif di sekolah. Temuan ini menegaskan bahwa model komunitas belajar berpotensi menjadi strategi efektif dalam pengembangan pendidikan berbasis masyarakat di wilayah semi-perdesaan.</p>2024-12-31T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 Jurnal Manajemen dan Pendidikanhttps://jurnal.iaima.ac.id/ulinnuha/article/view/145Manajemen Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Minat Masyarakat terhadap Pondok Pesantren Satu Quran Jambi2025-11-10T07:42:35+00:00ZulfajriZulfajri.jambie@gmail.comRafik Darmansyahrafik@gmail.comAndienandien@gmail.com<p>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen kepala madrasah dalam meningkatkan minat masyarakat terhadap Pondok Pesantren Satu Qur’an Jambi. Fokus penelitian meliputi strategi kepala madrasah dalam menjalankan fungsi manajemen serta faktor pendukung dan penghambat peningkatan minat masyarakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala madrasah menerapkan fungsi manajemen dengan baik, yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan. Strategi yang diterapkan berupa peningkatan mutu pembelajaran Al-Qur’an, penguatan promosi berbasis media sosial, dan kemitraan dengan masyarakat. Faktor pendukung meliputi kompetensi guru dan dukungan masyarakat, sedangkan penghambatnya adalah keterbatasan dana promosi dan sarana. Kesimpulannya, manajemen kepala madrasah yang efektif berperan penting dalam membangun kepercayaan masyarakat terhadap Pondok Pesantren Satu Qur’an Jambi.</p>2024-12-31T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 Jurnal Manajemen dan Pendidikan