Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Guru di Lembaga Pendidikan Islam
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh budaya organisasi terhadap kinerja guru di lembaga pendidikan Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode explanatory survey. Populasi penelitian terdiri dari seluruh guru yang bekerja pada lembaga pendidikan Islam di wilayah Jambi, dengan jumlah sampel sebanyak 80 responden yang dipilih menggunakan teknik proportional random sampling. Instrumen penelitian berupa kuesioner tertutup dengan skala Likert lima poin untuk mengukur variabel budaya organisasi dan kinerja guru. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis regresi linier sederhana melalui program SPSS versi 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa budaya organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru. Nilai koefisien determinasi (R²) sebesar 0,58 menunjukkan bahwa 58% variasi kinerja guru dapat dijelaskan oleh budaya organisasi, sedangkan sisanya 42% dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian ini. Temuan ini menegaskan bahwa semakin kuat budaya organisasi yang terbangun seperti nilai kebersamaan, tanggung jawab, dan disiplin kerja maka semakin tinggi pula tingkat kinerja guru. Implikasi praktis dari penelitian ini adalah pentingnya kepala lembaga pendidikan Islam dalam membangun dan memelihara budaya organisasi yang kondusif agar dapat meningkatkan produktivitas dan profesionalisme guru.