Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Islam

Main Article Content

Maulana
Nadiyah
Taufik Hady Syaputra

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mengkaji implementasi manajemen berbasis sekolah (MBS) dalam meningkatkan mutu pendidikan Islam melalui studi kepustakaan. MBS merupakan paradigma baru dalam penyelenggaraan pendidikan yang menekankan desentralisasi kewenangan, partisipasi masyarakat, dan kemandirian lembaga pendidikan. Dalam konteks pendidikan Islam, MBS menjadi instrumen strategis untuk memperkuat tata kelola madrasah dan sekolah Islam agar lebih efektif dan akuntabel. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi pustaka terhadap berbagai sumber literatur seperti buku, jurnal, dan peraturan perundang-undangan yang relevan. Hasil kajian menunjukkan bahwa implementasi MBS dalam lembaga pendidikan Islam mampu meningkatkan mutu pendidikan melalui optimalisasi peran kepala sekolah, guru, komite sekolah, dan masyarakat dalam pengambilan keputusan, pengelolaan sumber daya, dan evaluasi kinerja. Artikel ini menegaskan pentingnya memperkuat dimensi spiritual, moral, dan sosial dalam penerapan MBS agar peningkatan mutu pendidikan Islam tidak hanya bersifat administratif tetapi juga berlandaskan nilai-nilai Islami.

Article Details

Section
Articles