Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan Pesantren Melalui Manajemen Berbasis Digital

Main Article Content

Nadiyah
Kompri
Karmila

Abstract

Pondok pesantren sebagai lembaga pendidikan tertua di Indonesia memiliki peran strategis dalam pembentukan karakter dan moral bangsa. Dalam menghadapi tantangan era digital, penerapan manajemen berbasis digital menjadi kunci untuk meningkatkan mutu pendidikan di pesantren. Penelitian ini bertujuan untuk peningkatan mutu Pendidikan melalui manajemen berbasis digital. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik kepustakaan yang mengedepankan analisis data dari berbagai sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa digitalisasi dapat meningkatkan efisiensi pengelolaan informasi akademik, memperkuat keterlibatan orang tua, dan menciptakan lingkungan pendidikan yang lebih responsif. Namun, tantangan seperti keterbatasan infrastruktur teknologi dan rendahnya literasi digital perlu diatasi melalui kerjasama strategis dan program pelatihan yang terstruktur. Penerapan sistem pengendalian mutu yang sesuai dengan nilai-nilai pesantren juga sangat penting untuk menjaga relevansi lembaga pendidikan Islam di tengah dinamika perubahan. Dengan demikian, manajemen berbasis digital tidak hanya berfungsi sebagai alat administratif, tetapi juga sebagai pendorong inovasi dan pemberdayaan potensi santri secara berkelanjutan.


 

Article Details

Section
Articles