Efektivitas Manajemen Ekstrakurikuler dalam Pengembangan Keterampilan Pidato Santri di Pondok Pesantren
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas manajemen ekstrakurikuler dalam mengembangkan keterampilan pidato santri di pondok pesantren. Manajemen ekstrakurikuler dipandang sebagai bagian integral dari pendidikan karakter dan pengembangan soft skills santri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi di beberapa pondok pesantren di Jawa Tengah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen ekstrakurikuler pidato (muhadharah) telah memberikan kontribusi signifikan terhadap peningkatan kemampuan komunikasi, kepercayaan diri, dan kepemimpinan santri. Namun, efektivitasnya masih dipengaruhi oleh kualitas pembina, sistem evaluasi, dan sarana pendukung. Penelitian ini menegaskan pentingnya penguatan manajemen berbasis partisipasi dan inovasi pembelajaran dalam kegiatan ekstrakurikuler.