Peran Guru dalam Meningkatkan Motivasi Siswa untuk Belajar Mandiri ketika Masa Pandemi Covid
Keywords:
peran guru, motivasi belajar, belajar mandiriAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru dalam meningkatkan motivasi siswa untuk belajar mandiri selama masa pandemi Covid-19. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan metode studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi daring, dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan model interaktif Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru memegang peran strategis sebagai motivator, fasilitator, dan pendamping emosional dalam menciptakan suasana belajar yang mendukung kemandirian siswa. Strategi yang diterapkan guru antara lain pemberian motivasi secara verbal, penggunaan media pembelajaran interaktif, serta komunikasi intensif dengan orang tua. Peran guru yang aktif dan adaptif terbukti mampu mendorong siswa untuk tetap termotivasi dan bertanggung jawab atas proses belajarnya secara mandiri meskipun dilakukan dalam kondisi pembelajaran jarak jauh. Temuan ini mempertegas pentingnya kontribusi guru dalam menjaga kualitas pembelajaran selama masa krisis.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.