https://jurnal.iaima.ac.id/madrasatuna/issue/feed Madrasatuna 2025-08-09T01:51:25+00:00 Wulan Anna Pertiwi, M.Pd lppmiaimajambi@gmail.com Open Journal Systems <p>Madrasatuna comes from the Arabic word meaning "Our School", the Journal of Educational Sciences and Elementary Education is an open, reputable, and high-quality peer-reviewed research journal dedicated to disseminating cutting-edge insights in the fields of educational science and elementary education. Published twice a year (June and December), this journal is an initiative of the Institute for Research and Community Service, Muhammad Azim Jambi Islamic Institute. Madrasatuna aims to be a forum for academics, education practitioners, and researchers to share knowledge and research findings for the advancement of educational science. This journal uses a double-blind peer-review system</p> https://jurnal.iaima.ac.id/madrasatuna/article/view/117 Strategi Guru dalam Menilai Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Model Pembelajaran Direct Learning Pada Mata Pelajaran IPA kelas V SD 2025-08-09T01:45:08+00:00 Wulan Anna Pertiwi, Fahmi Rohim, Intan Siti Fatimah wulananna1892@gmail.com <p style="text-align: justify; text-justify: inter-ideograph;"><span style="font-size: 11.0pt; font-family: 'Arial',sans-serif;">Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan model pembelajaran <em><span style="font-family: 'Arial',sans-serif;">Direct Learning</span></em> terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di kelas V SD. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain pre-test dan post-test. Sampel penelitian terdiri dari dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen yang menerapkan model <em><span style="font-family: 'Arial',sans-serif;">Direct Learning</span></em> dan kelompok kontrol yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Data dikumpulkan melalui tes kemampuan berpikir kritis yang terdiri dari soal pilihan ganda dan uraian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara kedua kelompok. Kelompok eksperimen yang menggunakan model <em><span style="font-family: 'Arial',sans-serif;">Direct Learning</span></em> menunjukkan peningkatan skor yang signifikan dalam tes post-test, dengan rata-rata skor mencapai 79,6, sedangkan kelompok kontrol hanya memperoleh rata-rata skor 65,4. Peningkatan ini menunjukkan bahwa penerapan model <em><span style="font-family: 'Arial',sans-serif;">Direct Learning</span></em> berpengaruh positif terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa. Berdasarkan hasil ini, dapat disimpulkan bahwa model <em><span style="font-family: 'Arial',sans-serif;">Direct Learning</span></em> dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran IPA di tingkat sekolah dasar.</span></p> 2023-06-20T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 https://jurnal.iaima.ac.id/madrasatuna/article/view/100 PENERAPAN METODE PEMBIASAAN DALAM MENGHAFAL AYAT PENDEK BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SDLB 2025-08-07T01:00:05+00:00 Mardiana, Fahmi Rohim, Suprianti mardiana@iaima.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode pembiasaan dalam membantu anak berkebutuhan khusus menghafal ayat-ayat pendek Al-Qur’an di SDLB Kota Jambi. Metode pembiasaan didasarkan pada pengulangan aktivitas keagamaan secara rutin untuk membentuk hafalan secara alami. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi kelas, wawancara dengan guru dan orang tua, serta dokumentasi kegiatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembiasaan melalui muroja’ah pagi, pemutaran audio, dan penggunaan media yang menarik efektif meningkatkan kemampuan hafalan siswa. Faktor keberhasilan meliputi konsistensi guru, lingkungan yang mendukung, dan keterlibatan orang tua. Metode pembiasaan direkomendasikan sebagai pendekatan yang sesuai dalam pendidikan agama bagi anak berkebutuhan khusus.</p> 2023-06-20T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 https://jurnal.iaima.ac.id/madrasatuna/article/view/118 Implementasi Pembelajaran Daring pada Masa COVID-19 di SD 79/1 Desa Teluk Batanghari 2025-08-09T01:51:25+00:00 Kaspul Anwar, Nur Ahmad hardoyo Sidik, Qamariah Syahwa kaspulanwar.as@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran daring selama masa pandemi COVID-19 di SD 79/1 Desa Teluk Batanghari. Pembelajaran daring menjadi solusi yang diterapkan oleh pemerintah untuk mencegah penyebaran virus COVID-19. Namun, pelaksanaannya tidak mudah, terutama di wilayah perdesaan yang menghadapi berbagai kendala infrastruktur dan keterbatasan teknologi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian meliputi kepala sekolah, guru kelas, dan orang tua siswa. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran daring di SD 79/1 dilakukan melalui WhatsApp dan pengiriman tugas secara luring terbatas. Kendala utama yang dihadapi mencakup keterbatasan jaringan internet, minimnya kepemilikan perangkat, dan rendahnya partisipasi siswa. Meskipun demikian, guru tetap berupaya menjaga komunikasi dengan siswa dan orang tua, serta menyesuaikan metode pembelajaran agar sesuai dengan kondisi lapangan. Penelitian ini merekomendasikan dukungan infrastruktur digital, pelatihan guru, dan penguatan peran orang tua untuk mendukung keberhasilan pembelajaran daring di masa mendatang.</p> 2025-08-09T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 https://jurnal.iaima.ac.id/madrasatuna/article/view/115 Pengaruh Pembelajaran Tatap Muka Pasca Pandemi Covid Terhadap Minat Belajar siswa MI/SD 2025-08-09T01:32:49+00:00 Kompri, Nur Ahmad Hardoyo Sidik, Anjly Novitri komprijambi@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pembelajaran tatap muka (PTM) pasca-pandemi COVID-19 terhadap minat belajar siswa di tingkat MI/SD. Pembelajaran daring yang diterapkan selama pandemi COVID-19 memiliki dampak signifikan terhadap cara siswa berinteraksi dengan materi pelajaran dan motivasi mereka untuk belajar. Setelah pembelajaran tatap muka diterapkan kembali, penelitian ini mengeksplorasi apakah adanya perubahan signifikan dalam minat belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan desain survei, yang melibatkan 150 siswa dari beberapa sekolah dasar di Indonesia. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner yang dirancang untuk mengukur tingkat minat belajar siswa sebelum dan setelah implementasi PTM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran tatap muka memberikan dampak positif terhadap minat belajar siswa, dengan peningkatan yang signifikan pada dimensi kognitif, afektif, dan perilaku. Siswa melaporkan rasa lebih termotivasi, merasa lebih terlibat dalam kegiatan kelas, dan memperoleh pemahaman yang lebih baik terhadap materi pelajaran. Penelitian ini juga menemukan bahwa teori motivasi seperti <strong>Self-Determination Theory (SDT)</strong><strong>, </strong><strong>self-efficacy</strong><strong>, </strong>dan <strong>Zone of Proximal Development (ZPD)</strong> dapat menjelaskan peningkatan minat belajar siswa setelah kembali ke pembelajaran tatap muka. Pembelajaran tatap muka juga memberikan kontribusi pada perkembangan keterampilan sosial dan emosional siswa, yang mendukung motivasi belajar mereka.</p> 2023-06-20T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023