Efektivitas Penggunaan Media Audio Visual dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA di MI
Keywords:
Media Audio-Visual, Hasil Belajar, Pembelajaran IPAAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media audiovisual dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di Madrasah Ibtidaiyah (MI). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari guru dan siswa kelas V MI yang telah menggunakan media audiovisual dalam pembelajaran IPA. Analisis data dilakukan menggunakan model interaktif Miles dan Huberman, yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media audiovisual mampu meningkatkan pemahaman konsep IPA, partisipasi siswa, serta nilai hasil belajar. Rata-rata nilai siswa mengalami peningkatan signifikan setelah pembelajaran menggunakan media audiovisual. Siswa juga menunjukkan motivasi belajar yang lebih tinggi dan keterlibatan aktif selama proses pembelajaran berlangsung. Selain itu, guru menyatakan bahwa penggunaan media ini memudahkan penyampaian materi dan meningkatkan efisiensi pembelajaran. Dengan demikian, media audiovisual terbukti efektif sebagai alat bantu pembelajaran yang inovatif dan sesuai dengan karakteristik perkembangan kognitif siswa MI.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.