Pengaruh Motivasi Guru Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa
Keywords:
Motivasi Guru, Hasil Belajar, IPA.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh motivasi guru terhadap hasil belajar IPA siswa di sekolah dasar. Motivasi guru diyakini memainkan peran penting dalam memotivasi siswa untuk mencapai hasil belajar yang lebih baik. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain eksperimen. Sampel penelitian terdiri dari 60 siswa yang dipilih secara acak dari dua kelas yang berbeda. Data dikumpulkan melalui dua instrumen, yaitu angket motivasi guru dan tes hasil belajar IPA. Uji statistik yang digunakan adalah regresi linier sederhana untuk menguji hubungan antara motivasi guru dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara motivasi guru terhadap hasil belajar IPA siswa. Koefisien korelasi yang ditemukan adalah 0,72, yang mengindikasikan bahwa semakin tinggi motivasi guru, semakin baik hasil belajar IPA siswa. Temuan ini mengungkapkan pentingnya peran motivasi guru dalam meningkatkan hasil belajar siswa dan memberikan kontribusi terhadap pengembangan metode pembelajaran yang lebih efektif untuk meningkatkan prestasi akademik siswa, khususnya dalam pelajaran IPA.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.