Efektivitas Penggunaan Virtual Lab Pada Pembelajaran IPA di MI
Keywords:
Virtual Lab, hasil belajar IPA, Madrasah IbtidaiyahAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan Virtual Lab dalam meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI). Masalah utama dalam pembelajaran IPA di MI adalah keterbatasan fasilitas laboratorium, yang menyebabkan rendahnya keterlibatan siswa dalam kegiatan eksperimen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen semu (quasi-experimental) tipe pretest-posttest control group design. Subjek penelitian terdiri dari dua kelas V MI, masing-masing sebagai kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar, lembar observasi, dan angket siswa. Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai rata-rata posttest kelompok eksperimen yang menggunakan Virtual Lab meningkat secara signifikan dibandingkan dengan kelompok kontrol. Uji-t independen menunjukkan nilai signifikansi p < 0,05, yang berarti terdapat perbedaan signifikan antara kedua kelompok. Selain itu, siswa pada kelompok eksperimen menunjukkan keterlibatan yang lebih aktif dan memberikan respon positif terhadap pembelajaran berbasis Virtual Lab. Temuan ini menunjukkan bahwa Virtual Lab efektif sebagai solusi pembelajaran IPA yang interaktif, visual, dan menarik, terutama dalam konteks keterbatasan laboratorium fisik di MI.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.