Efektivitas Metode Role Playing dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di MI
Keywords:
Role Playing, Keterampilan Berbicara, Bahasa IndonesiaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode role playing dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di Madrasah Ibtidaiyah. Permasalahan yang diangkat adalah rendahnya kemampuan siswa dalam mengungkapkan pendapat secara lisan karena kurangnya kepercayaan diri dan metode pembelajaran yang kurang variatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen semu (quasi experiment) dan desain nonequivalent control group. Subjek penelitian terdiri dari dua kelas V MI, masing-masing sebagai kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Instrumen penelitian berupa lembar penilaian keterampilan berbicara yang meliputi kelancaran, pengucapan, intonasi, ekspresi, dan keberanian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen yang menggunakan metode role playing dan kelompok kontrol yang menggunakan metode konvensional. Kelompok eksperimen mengalami peningkatan nilai yang lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol berdasarkan hasil post-test. Temuan ini menunjukkan bahwa metode role playing efektif digunakan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa secara signifikan.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.