Membentuk Budaya Disiplin Siswa Melalui Ekstrakurikuler Pramuka Di MI

Authors

  • Arif Abdurrahman, Fahmi Rohim

Keywords:

Budaya Disiplin, Ekstrakurikuler Pramuka, MI

Abstract

Dengan diterapkannya kegiatan ekstrakurikuler Pramuka, diharapkan dapat mendukung keberhasilan pendidikan dalam membimbing dan membina generasi muda agar menjadi manusia yang utuh. Sebab, dalam pembentukan budaya disiplin, tidak cukup hanya dengan memberikan teori, tetapi juga diperlukan program yang mendampinginya. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, di mana peneliti berperan sebagai partisipan sekaligus pengamat selama proses kegiatan ekstrakurikuler Pramuka. Penelitian ini dilakukan di MI Tarbiyah Islamiyah Kota Jambi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan ekstrakurikuler Pramuka dilaksanakan dua kali dalam seminggu dengan berbagai kegiatan seperti latihan rutin, dan haking. Penanaman budaya disiplin terbukti melalui pencapaian siswa dalam menjaga jadwal belajar, menghadapi godaan untuk menunda-nunda, menerapkan disiplin diri, dan menjaga kondisi tubuh.

Downloads

Published

2023-12-27

How to Cite

Arif Abdurrahman, Fahmi Rohim. (2023). Membentuk Budaya Disiplin Siswa Melalui Ekstrakurikuler Pramuka Di MI. Madrasatuna, 4(1). Retrieved from https://jurnal.iaima.ac.id/madrasatuna/article/view/98