Upaya Guru Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika
Keywords:
Pembelajaran Berbasis Masalah, Hasil Belajar MatematikaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika melalui penerapan model pembelajaran inovatif di kelas IV Sekolah Dasar. Model yang digunakan adalah Problem Based Learning (PBL) yang dirancang untuk mendorong siswa berpikir kritis, menyelesaikan masalah kontekstual, dan bekerja secara kolaboratif dalam kelompok. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, masing-masing mencakup tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 30 siswa kelas IV SDN X. Data dikumpulkan melalui tes hasil belajar, observasi aktivitas siswa dan guru, serta wawancara terbuka. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam capaian akademik siswa. Pada siklus I, sebanyak 56,7% siswa mencapai nilai di atas KKM, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 86,7%. Selain peningkatan kognitif, ditemukan pula peningkatan pada aspek afektif dan psikomotor siswa, seperti keterlibatan aktif, kepercayaan diri, dan kemampuan komunikasi. Dengan demikian, penerapan model PBL terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika di sekolah dasar. Penelitian ini merekomendasikan penggunaan pendekatan pembelajaran kontekstual dan reflektif oleh guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran secara berkelanjutan.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.