Integrasi Ilmu Pengetahuan Sosial dan Ilmu Islam dalam Konteks Pendidikan Modern

Authors

  • Ririn Astuti, Annajmi, Intan Siti Fatimah

Keywords:

Integrasi ilmu, Ilmu Sosial, Ilmu Islam, pendidikan modern.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis integrasi antara Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dan Ilmu Islam dalam konteks pendidikan modern, khususnya pada jenjang pendidikan dasar dan menengah. Latar belakang dari penelitian ini adalah adanya dualisme sistem pendidikan antara ilmu umum dan ilmu agama yang selama ini berjalan secara terpisah. Integrasi keduanya dipandang sebagai upaya strategis untuk menciptakan model pendidikan holistik yang seimbang antara aspek spiritual, sosial, dan intelektual. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi literatur dan analisis isi dari berbagai sumber ilmiah relevan yang terbit antara tahun 2015 hingga 2024. Data dianalisis dengan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi IPS dan Ilmu Islam dalam pendidikan mampu membentuk karakter peserta didik yang lebih utuh, menumbuhkan kesadaran sosial berlandaskan nilai-nilai keagamaan, serta meningkatkan relevansi pendidikan dengan realitas kehidupan. Selain itu, integrasi ini mendukung pengembangan kurikulum yang lebih kontekstual dan berorientasi pada pembentukan kepribadian Islami yang responsif terhadap tantangan zaman. Temuan ini diharapkan menjadi pijakan untuk pengembangan model pendidikan terpadu di masa mendatang.

Downloads

Published

2024-06-20

How to Cite

Ririn Astuti, Annajmi, Intan Siti Fatimah. (2024). Integrasi Ilmu Pengetahuan Sosial dan Ilmu Islam dalam Konteks Pendidikan Modern. Madrasatuna, 4(2). Retrieved from https://jurnal.iaima.ac.id/madrasatuna/article/view/93

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.