Strategi Guru dalam Menilai Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Model Pembelajaran Direct Learning Pada Mata Pelajaran IPA kelas V SD
Keywords:
Pembelajaran Langsung, kemampuan berpikir kritis, IPAAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan model pembelajaran Direct Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di kelas V SD. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain pre-test dan post-test. Sampel penelitian terdiri dari dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen yang menerapkan model Direct Learning dan kelompok kontrol yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Data dikumpulkan melalui tes kemampuan berpikir kritis yang terdiri dari soal pilihan ganda dan uraian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara kedua kelompok. Kelompok eksperimen yang menggunakan model Direct Learning menunjukkan peningkatan skor yang signifikan dalam tes post-test, dengan rata-rata skor mencapai 79,6, sedangkan kelompok kontrol hanya memperoleh rata-rata skor 65,4. Peningkatan ini menunjukkan bahwa penerapan model Direct Learning berpengaruh positif terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa. Berdasarkan hasil ini, dapat disimpulkan bahwa model Direct Learning dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran IPA di tingkat sekolah dasar.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.