Peningkatan Hasil Belajar Tematik Menggunakan Metode Snowball Throwing Untuk Meningkatkan hasil belajar siswa pada kelas 4B MI

Authors

  • Nur Ahmad Hardoyo Sidik, Arif Abdurrahman, Ilham

Keywords:

Snowball Throwing, Hasil Belajar, Pembelajaran Tematik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar tematik siswa kelas 4B Madrasah Ibtidaiyah melalui penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing. Latar belakang penelitian ini didasari oleh rendahnya keterlibatan dan pencapaian belajar siswa dalam pembelajaran tematik, yang disebabkan oleh metode konvensional yang masih dominan digunakan oleh guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan McTaggart yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas 4B yang berjumlah 28 orang. Instrumen yang digunakan meliputi lembar observasi, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Snowball Throwing dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa secara signifikan. Pada siklus I, persentase ketuntasan belajar mencapai 67,8% dan meningkat menjadi 89,2% pada siklus II. Temuan ini membuktikan bahwa metode Snowball Throwing efektif dalam menciptakan suasana belajar yang aktif, menyenangkan, dan kolaboratif. Penelitian ini merekomendasikan agar guru mengadopsi metode ini sebagai alternatif pembelajaran aktif dalam rangka meningkatkan kualitas hasil belajar siswa di sekolah dasar, khususnya pada mata pelajaran tematik.

Downloads

Published

2023-12-27

How to Cite

Nur Ahmad Hardoyo Sidik, Arif Abdurrahman, Ilham. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Tematik Menggunakan Metode Snowball Throwing Untuk Meningkatkan hasil belajar siswa pada kelas 4B MI. Madrasatuna, 4(1). Retrieved from https://jurnal.iaima.ac.id/madrasatuna/article/view/113