Peningkatan Hasil Belajar Sejarah kebudayaan Islam pada Materi Umar Bin Khattab Sang Pemberani Menggunakan Strategi True or False di kelas V SD
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis efektivitas penggunaan strategi True or False dalam meningkatkan hasil belajar sejarah kebudayaan Islam pada materi Umar bin Khattab di kelas V SD. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 30 siswa kelas V SD yang mengikuti pembelajaran tentang sejarah kebudayaan Islam. Data dikumpulkan melalui tes evaluasi, lembar observasi, dan wawancara siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi True or False berhasil meningkatkan keterlibatan dan pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan. Pada siklus pertama, meskipun ada peningkatan keterlibatan, hasil tes siswa masih menunjukkan nilai yang rendah. Namun, setelah dilakukan perbaikan pada siklus kedua, nilai rata-rata siswa meningkat signifikan. Berdasarkan hasil ini, dapat disimpulkan bahwa strategi True or False efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa serta mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan analitis mereka dalam pembelajaran sejarah kebudayaan Islam.
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.