Pengaruh Ekstrakurikuler Pramuka Terhadap Kedisiplinan Siswa di MI
Keywords:
Pramuka, Kedisiplinan, Madrasah IbtidaiyahAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kegiatan ekstrakurikuler Pramuka terhadap kedisiplinan siswa di Madrasah Ibtidaiyah (MI). Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan desain komparatif, yang melibatkan 60 siswa, terdiri dari 30 siswa aktif dalam kegiatan Pramuka dan 30 siswa non-Pramuka. Pengumpulan data dilakukan melalui angket skala Likert, observasi guru, dan wawancara dengan pembina Pramuka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan dalam tingkat kedisiplinan antara siswa yang mengikuti Pramuka dan yang tidak, dengan nilai signifikansi (p) sebesar 0,003. Siswa Pramuka memiliki skor kedisiplinan yang lebih tinggi, terutama dalam aspek kedisiplinan waktu, berpakaian, dan tanggung jawab akademik. Temuan ini menunjukkan bahwa kegiatan Pramuka berperan penting dalam pembentukan karakter disiplin siswa. Oleh karena itu, pengembangan program Pramuka yang terarah dan konsisten perlu terus ditingkatkan untuk mendukung pembinaan karakter siswa di lingkungan sekolah dasar.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.