PENERAPAN METODE PEMBIASAAN DALAM MENGHAFAL AYAT PENDEK BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SDLB
Keywords:
metode pembiasaan, hafalan ayat pendek, anak berkebutuhan khusus, pendidikan inklusifAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode pembiasaan dalam membantu anak berkebutuhan khusus menghafal ayat-ayat pendek Al-Qur’an di SDLB Kota Jambi. Metode pembiasaan didasarkan pada pengulangan aktivitas keagamaan secara rutin untuk membentuk hafalan secara alami. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi kelas, wawancara dengan guru dan orang tua, serta dokumentasi kegiatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembiasaan melalui muroja’ah pagi, pemutaran audio, dan penggunaan media yang menarik efektif meningkatkan kemampuan hafalan siswa. Faktor keberhasilan meliputi konsistensi guru, lingkungan yang mendukung, dan keterlibatan orang tua. Metode pembiasaan direkomendasikan sebagai pendekatan yang sesuai dalam pendidikan agama bagi anak berkebutuhan khusus.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.