Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dengan Pendekatan Keterampilan Proses di Kelas VI SD Negeri 073/IX SP.SEI DUREN
Keywords:
STAD, Pendekatan Keterampilan Proses, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan hasil belajar matematika murid melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dengan Pendekatan Keterampilan Proses di Kelas V SDN 073/IX SP.Sei Duren. Dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah “Apa kah Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) Dengan Pendekatan Keterampilan Proses Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Murid Kelas VI SDN 073/IX SP.Sei Duren”? Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yaitu guru berperan langsung dalam proses pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini adalah murid dan guru. Objek dalam penelitian ini adalah hasil belajar murid. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes hasil belajar. Analisis data yang digunakan yaitu tes “t” dengan m enggunakan program SPSS. Dari analisis data yang diperoleh dapat disimpulkan adanya peningkatan hasil belajar murid yang signifikan setelah penerapan pembelajaran kooperatif tipe (STAD) dengan pendekatan keterampilan proses dibandingkan dengan sebelum dilaksanakan pembelajaran kooperatif tipe (STAD) dengan sebelum pendekatan keterampilan proses. Dapat dilihat dari rata-rata (mean) sebelum pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan pendekatan keterampilan proses lebih kecil dari pada mean setelah pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan pendekatan keterampilan proses., dimana mean sebelumnya 56.85 dan mean sesudanya mean 70.28 dari hasil analisis data menggunakan SPSS
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.