Kepala Sekolah Sebagai Sumber Daya Manusia Pendidikan Islam Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru: Studi Kasus MAN 3 Kota Jambi
Abstract
Artikel ini berusaha menjelaskan peran dari keberadaan kepala sekolah sebagai pemimpin dalam pendidikan Islam lingkup madrasah yang mengupayakan tenaga pendidik (guru) yang profesional sesuai dengan standar kualifikasi kompetensi keguruan. Peningkatan kualitas guru yang diarahkan mampu menghasilkan out put pendidikan yang mampu bersaing dengan lulusan dari sekolah umum lainnya. Kualitas tersebutpun ditunjang oleh sarana dan prasarana pendidikan yang dihadirkan oleh kepala sekolah dalam rangka menciptakan kenyamanan belajar pada kegiatan pembelajaran. Artikel ini menyimpulkan bahwa kepala sekolah menerapkan prinsip manajerial sebagai seorang kepala sekolah untuk mengembangakan diri dan memotivasi guru dalam bekerja, menciptakan iklim kerja dengan disiplin sebagai komitmen untuk pengembangan diri menuju guru yang profesional. Adapun bentuk upaya kepala sekolah dalam memaksimalkan kompetensi profesional guru yaitu melakukan pendekatan (diagnosa) untuk mengetahui persoalan guru dalam mengajar, memberikan bimbingan terhadap guru, meningkatkan disiplin guru, mengikutsertakan guru dalam pelatihan dan penataran, serta secara berkelanjutan meningkatkan kualifikasi pendidikan terhadap guru.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Abu Jamin, Ika Aryastuti Hasanah, Tanty Albaniah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.