Kepala Sekolah Sebagai Sumber Daya Manusia Pendidikan Islam Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru: Studi Kasus MAN 3 Kota Jambi

Authors

  • Abu Jamin STAI Ahsanta Jambi, Indonesia
  • Ika Aryastuti Hasanah STAI Ahsanta Jambi, Indonesia
  • Tanty Albaniah STAI Ahsanta Jambi, Indonesia

Abstract

Artikel ini berusaha menjelaskan peran dari keberadaan kepala sekolah sebagai pemimpin dalam pendidikan Islam lingkup madrasah yang mengupayakan tenaga pendidik (guru) yang profesional sesuai dengan standar kualifikasi kompetensi keguruan. Peningkatan kualitas guru yang diarahkan mampu menghasilkan out put pendidikan yang mampu bersaing dengan lulusan dari sekolah umum lainnya. Kualitas tersebutpun ditunjang oleh sarana dan prasarana pendidikan yang dihadirkan oleh kepala sekolah dalam rangka menciptakan kenyamanan belajar pada kegiatan pembelajaran. Artikel ini menyimpulkan bahwa kepala sekolah menerapkan prinsip manajerial sebagai seorang kepala sekolah untuk mengembangakan diri dan memotivasi guru dalam bekerja, menciptakan iklim kerja dengan disiplin sebagai komitmen untuk pengembangan diri menuju guru yang profesional. Adapun bentuk upaya kepala sekolah dalam memaksimalkan kompetensi profesional guru yaitu melakukan pendekatan (diagnosa) untuk mengetahui persoalan guru dalam mengajar, memberikan bimbingan terhadap guru, meningkatkan disiplin guru, mengikutsertakan guru dalam pelatihan dan penataran, serta secara berkelanjutan meningkatkan kualifikasi pendidikan terhadap guru.

Downloads

Published

2020-12-31

How to Cite

Jamin, A. ., Hasanah, I. A. ., & Albaniah, T. (2020). Kepala Sekolah Sebagai Sumber Daya Manusia Pendidikan Islam Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru: Studi Kasus MAN 3 Kota Jambi. Madrasatuna, 1(1), 54–63. Retrieved from https://jurnal.iaima.ac.id/madrasatuna/article/view/12