Implementasi Pembelajaran Daring pada Masa COVID-19 di SD 79/1 Desa Teluk Batanghari

Authors

  • Kaspul Anwar, Nur Ahmad hardoyo Sidik, Qamariah Syahwa

Keywords:

pembelajaran daring, COVID-19, pendidikan dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran daring selama masa pandemi COVID-19 di SD 79/1 Desa Teluk Batanghari. Pembelajaran daring menjadi solusi yang diterapkan oleh pemerintah untuk mencegah penyebaran virus COVID-19. Namun, pelaksanaannya tidak mudah, terutama di wilayah perdesaan yang menghadapi berbagai kendala infrastruktur dan keterbatasan teknologi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian meliputi kepala sekolah, guru kelas, dan orang tua siswa. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran daring di SD 79/1 dilakukan melalui WhatsApp dan pengiriman tugas secara luring terbatas. Kendala utama yang dihadapi mencakup keterbatasan jaringan internet, minimnya kepemilikan perangkat, dan rendahnya partisipasi siswa. Meskipun demikian, guru tetap berupaya menjaga komunikasi dengan siswa dan orang tua, serta menyesuaikan metode pembelajaran agar sesuai dengan kondisi lapangan. Penelitian ini merekomendasikan dukungan infrastruktur digital, pelatihan guru, dan penguatan peran orang tua untuk mendukung keberhasilan pembelajaran daring di masa mendatang.

Downloads

Published

2025-08-09

How to Cite

Kaspul Anwar, Nur Ahmad hardoyo Sidik, Qamariah Syahwa. (2025). Implementasi Pembelajaran Daring pada Masa COVID-19 di SD 79/1 Desa Teluk Batanghari. Madrasatuna, 3(2). Retrieved from https://jurnal.iaima.ac.id/madrasatuna/article/view/118