Persepsi Mahasiswa PLP PG-PAUD UNJA terhadap Pembelajaran Belajar Dari Rumah dengan Pendekatan Saintifik

Authors

  • Turino Adi Irawan STAI Ahsanta Jambi, Indonesia
  • Putri Ayu Lestari Universitas Negeri Medan
  • Sukendro Sukendro Universitas Jambi, Indonesia

Abstract

Pandemi COVID-19 telah memberikan dampak perubahan besar terhadap Pendidikan di Indonesia. Pelaksanaan Pembelajaran di PAUD yang biasanya secara langsung kini hanya berupa kegiatan Belajar Dari Rumah baik luring maupun daring serta kombinasi.Belajar dari rumah perlu diintegrasikan dengan pendekatan pembelajaran yang sesuai dengan tuntutan keterampilan abad 21, salah satunya Pendekatan saintifik . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahu persepsi mahasiswa PLP PGPAUD UNJA terhadap Pembelajaran belajar dari Rumah dengan Pendekatan Saintifik. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di PG_PAUD Universitas Jambi tahun akademik 2020/2021 dan dilaksanakan mulai bulan Agustus sampai dengan Oktober 2020. Subjek penelitian ini adalah semua mahasiswa semester 7 yang mengikuti mata kuliah PLP tahun akademik 2020/2021 dan sudah menyelesaikan tugas pembuatan perencanaan pembelajaran. Penelitian ini difokuskan pada konteks analisis persepsi, dengan sub fokus; BDR dengan pendekatan saintifik, persepsi Mahasiswa, kesiapan mahasiswa membuat perencanaan pembelajaran. Pengumpulan data dan informasi di lapangan menggunakan teknik triangulasi: observasi, wawancara dan dokumentasi. Mahasiswa PLP PG-PAUD UNJA mempersepsi bahwa pembelajaran BDR dengan pendekatan saintifik perlu untuk dirancang, tetapi mahasiswa belum paham bagaimana mengintegrasikan pendekatan saintifik kedalam konsep pembelajaran BDR.

Downloads

Published

2020-12-31

How to Cite

Irawan, T. A., Lestari, P. A., & Sukendro, S. (2020). Persepsi Mahasiswa PLP PG-PAUD UNJA terhadap Pembelajaran Belajar Dari Rumah dengan Pendekatan Saintifik. Madrasatuna, 1(1), 47–53. Retrieved from https://jurnal.iaima.ac.id/madrasatuna/article/view/11