Peningkatan Hasil Belajar Tematik Menggunakan Model Talking Stick untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa MI
Keywords:
Talking Stick, hasil belajar, pembelajaran tematik, siswa MIAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar tematik siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI) melalui penerapan model pembelajaran Talking Stick. Model ini dipilih karena melibatkan aktivitas fisik dan verbal yang mampu mendorong partisipasi aktif siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V MI pada semester genap tahun pelajaran 2024/2025. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Talking Stick mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Pada siklus I, persentase ketuntasan belajar mencapai 65%, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 87%. Peningkatan ini menunjukkan bahwa model Talking Stick efektif dalam membangun interaksi siswa dan memfasilitasi pembelajaran yang menyenangkan.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.