Peningkatan Hasil Belajar Tematik Menggunakan Model Talking Stick untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa MI

Authors

  • Kaspul Anwar, Fahmi Rohim, Luluk Khoiru Nikmah

Keywords:

Talking Stick, hasil belajar, pembelajaran tematik, siswa MI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar tematik siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI) melalui penerapan model pembelajaran Talking Stick. Model ini dipilih karena melibatkan aktivitas fisik dan verbal yang mampu mendorong partisipasi aktif siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V MI pada semester genap tahun pelajaran 2024/2025. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Talking Stick mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Pada siklus I, persentase ketuntasan belajar mencapai 65%, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 87%. Peningkatan ini menunjukkan bahwa model Talking Stick efektif dalam membangun interaksi siswa dan memfasilitasi pembelajaran yang menyenangkan.

Downloads

Published

2022-06-20

How to Cite

Kaspul Anwar, Fahmi Rohim, Luluk Khoiru Nikmah. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Tematik Menggunakan Model Talking Stick untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa MI. Madrasatuna, 2(02). Retrieved from https://jurnal.iaima.ac.id/madrasatuna/article/view/103